Manfaat Tomat Terhadap Kulit

Bookmark and Share
Manfaat Tomat Terhadap Kulit
Manfaat Tomat Terhadap KulitTomat yang selama ini dikenal sebagai buah sayuran yang banyak mengandung vitamin C,namun tahukah bahwa manfaat tomat itu sebenarnya lebih jauh dari itu.Buah yang biasanya digunakan sebagai pelengkap bumbu dan bahan dasar caos ini ternyata bisa mencegah penuaan dini dan melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet yang sangat merusak kulit.

Tomat mengandung zat lycopene yang dapat mencegah kerusakan DNA pada tubuh akibat paparan sinar ultraviolet dari sinar matahari. Kekuatan lycopene dalam menjaga kulit ini setara dengan pemakaian tabir surya. Kulit kemerahan juga bisa dihindari atas peran zat ini.
Untuk mendapatkan lycopene dalam jumlah banyak, disarankan mengonsumsi tomat yang sudah dalam bentuk olahan. Misalnya,tomat dijadikan sebagai saus, pasta, sup, atau Anda buat jus.

Studi yang dilakukan oleh Royal Society of Medicine di London mengatakan, tomat bisa memberikan perlindungan terhadap sinar ultraviolet sampai 33 persen. Peneliti mengujinya pada 20 wanita berusia 21-47 tahun. Setengah dari mereka diberi lima sendok makan atau 55 miligram pasta tomat selama 12 minggu. Takaran ini setara 10 gram zaitun. Setengah lainnya hanya diberikan minyak zaitun. Mereka lalu diminta untuk terkena paparan sinar matahari.

Setelah dilakukan pengujian, ternyata relawan yang makan pasta tomat lebih terlindungi dari sinar ultraviolet matahari. Nilainya setara dengan tabir surya yang punya faktor perlindungan matahari (SPF) 1,3. Sementara itu, ditemukan juga adanya peningkatan kadar prolagen yang berguna melindungi kulit dari kerusakan sekaligus menjaga elastisitas kulit. Kerusakan mitokondria pada DNS ditemukan hanya sedikit kerusakannya.

“Dampak perlindungan dari makan tomat pada mitokondria kita adalah penting, karena mereka (mitokondria) adalah produsen energi di semua sel tubuh kita, termasuk kulit. Oleh karena itu, bersikap baik terhadap mitokondria cenderung memberikan kontribusi untuk kesehatan kulit yang baik, yang pada gilirannya dapat memiliki efek antipenuaan “, kata Prof Mark Birch-Machin dari Newcastle University, seperti dikutip Times of India.

Ternyata tidak harus mahal untuk perawatan kulit agar terlindungi serta mencegah terjadinya penuaan dini.Tomat bisa didapatkan dengan mudah dimana saja diseluruh Indonesia,selain itu harganya yang murah meriah.Minum jus tomat disiang hari,rasanya segar dan bisa bikin ketagihan.Dan efek sampingnya,Anda akan tetap terlihat cantik dan segar karena kulit senantiasa terawat berkat tomat.Silahkan mencoba.....

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar