Yang Harus dihindari saat hamil

Bookmark and Share
Yang Harus dihindari saat hamil | 8 hal yang tidak boleh saat hamil untuk kebaikan janin dan ibu
Yang Harus dihindari saat hamilInilah saat yang paling ditunggu tunggu banyak pasangan menikah,senangnya luarbiasa jika sudah mengetahui dengan pasti bahwa sang istri mendapatkan kehamilan.Terutama bagi pasangan baru dan pertamakali,sudah layak dan lengkap anda dipanggil sebagai ayah atau ibu.Agar semua proses saat hamil dapat berlangsung sehat dan mendapatkan seorang bayi yang sehat nantinya,ada baiknya anda menerapkan untuk menghindari hal hal yang bisa mengganggu kehamilan.Baca Juga: pantangan wanita hamil.


Berikut 8 hal yang harus dihindari saat hamil:


1. Terlalu banyak mengonsumsi kafein
Hal pertama yang harus dihindari oleh ibu hamil adalah kafein. Dalam beberapa penelitian, terlalu banyak mengonsumsi kafein akan menyebabkan keguguran atau bayi prematur. Dr. Kathleen Bradley, seperti dikutip dari babiesonline, mengatakan bahwa "Asupan kafein yang dikonsumsi oleh ibu hamil seharusnya tak lebih dari 300 mg per hari. Anda harus sangat berhati-hati dalam membatasi kafein yang masuk ke dalam tubuh."

2. Kotoran Kucing
Bagi Anda penyayang binatang, Anda harus  membatasi sentuhan langsung dengan mereka, terutama saat membersihkan kandang. Parasit yang tinggal pada feses kucing  dapat menyebabkan Anda terserang toksoplasma. Gejala awalnya sangat mirip dengan flu (demam, sakit tenggorokan), namun kemudian kandungan rawan keguguran atau ancaman lain ketika sang bayi lahir.
Untuk sementara, titipkan binatang piaraan Anda pada keluarga atau tempat penitipan binatang.

3. Obat-obatan alternatif
Kondisi disaat hamil sangat jauh berbeda dengan kondisi saat tidak hamil. Mungkin saat tidak hamil Anda bisa bebas mengonsumsi obat-obatan alternatif  seperti jamu misalnya. Karena Anda tidak  perlu takut kandungan kimianya akan mempengaruhi janin. Namun berbeda pada saat anda hamil,maka disaat hamil, sebaiknya konsultasikan dengan dokter jika Anda hendak mengonsumsi obat-obatan, baik alternatif maupun kimia.

4. Makanan dan Minuman
Dalam beberapa kasus, makanan dan minuman bisa sangat berbahaya bagi kandungan. Berhati-hati saat mengonsumsi makanan mentah (yang belum diolah), beberapa kandungan kimianya bisa berpengaruh terhadap janin. Alkohol tentu juga sangat tidak baik bagi kehamilan. Sangat tidak disarankan mengonsumsi alkohol dalam masa kehamilan dan menyusui. Selain itu, makanan manis juga perlu Anda batasi, karena saat hamil, diabetes temporer bisa saja terjadi.

5. Pembersih rumah tangga
Pastikan Anda selalu membaca label petunjuk penggunaan sebelum menggunakan bahan-bahan kimia untuk membersihkan rumah. Kenakan masker dan sarung tangan agar bahan kimia tersebut tidak langsung terkena kulit Anda. Berikan ruang udara yang cukup agar aroma bahan kimianya tidak terkurung di dalam ruangan saja.

6. Mandi sauna
Memang sangat menyenangkan jika Anda bisa mandi sauna, apalagi tubuh seringkali pegal-pegal. Namun, hindari mandi sauna/mandi air yang terlalu panas. Atur temperatur sedemikian rupa agar air tetap hangat. Hindari berendam terlalu lama karena ini akan berpengaruh langsung terhadap janin.

7. Perokok aktif dan pasif
Tentu Anda pernah mendengar atau membaca bahwa rokok dapat menyebabkan gangguan kehamilan dan kanker. Hal ini tentu saja bukan sekedar peringatan pemerintah  belaka, tetapi sebuah peringatan keras bahwa rokok memang dapat memberikan pengaruh buruk terhadap kehamilan.

8. Stres
Jangan dikira bayi Anda tak bisa merasakan apa yang Anda rasakan. Saat perasaan Anda sedang sedih, bahagia, atau marah, janin di dalam kandungan Anda juga dapat merasakannya. Jaga agar pikiran Anda tidak terlalu tegang dan stres, karena dalam beberapa kondisi, situasi ini berbahaya bagi janin.Sepertinya sang ibu perlu menghindari hal hal yang bisa membikin perasaan sedih dan tidak enak,apalagi menekan perasaan.

Semoga bayi anda sekaligus anda tetap sehat sampai saat melahirkan dan mendapat bayi yang sehat pula.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger