Cara mengedit template wordpress

Bookmark and Share
Cara mengedit template wordpress
Wordpress adalah paltform Blog yang menggunakan CMS untuk hosting sendiri yang paling populer,karena sebagai platform blog  terbaik dan opensource.Wordpress sangat diminati terutama karena tersedianya berbagai macam plugin yang paling dibutuhkan dan memudahkan.Selain itu wordpress bisa bebas di modifikasi,terutama templatenya untuk mendukung model web seperti ecommerce/totko online.
Kalau dicompare dengan blogspot,jelas wordpress hosting sendiri lebih ramah SEO,dalam hal optimasi loading time.Dan banyak plugin SEO yang sangat membantu seperti All In One SEO pAck,STT2,Link Checker,WP superchace dll.
Karena WP dihosting sendiri,tentu saja kita akan banyak mendapat keuntungan dalam meminimalkan waktu loading.Kenapa demikian?,,,,,,Beberapa fungsi bisa diatasi dengan Pemrograman PHP,yang biasanya kalau di blogspot menggunakan Javascript seperti membuat related post,random post,popular post,categori perlabel dll bisa memberatkan loading.Jika dengan PHP menjadi lebih ringan karena  PHP berjalan pada server,bukan pada sisi klien(browser) seperti javascript.
Sayangnya WP Bukan berarti tanpa kelemahan sama sekali,Memang program seperti plugin ini (random post,related post,recent post) tidak memakan loading halaman dengan signifikan seperti javascript pada blogspot,akan  tetapi hal ini memakan resource server/database.Itulah kenapa kita sulit mencari shared hosting di Indonesia buat  blog wordpress yang sudah memiliki kunjungan sangat tinggi setiap harinya.
Dan karena itu juga biasanya jasa hosting akan meminta untuk meningkatkan kualitas server dari blog kita,dan tentu saja biayanya akan semakin mahal.Selain itu,untuk ngeblog dengan wordpress juga dituntut untuk banyak mengerti hal teknis lainnya seperti mengenal PHP dan desain templatenya yang lebih rumit dari blog gratisan seperti blogspot.Akan tetapi semua bisa dipelajari dengan mudah,cukup hanya dasar dasarnya saja.Berikut ini cara caranya:

Cara mengedit template wordpress


Kegunaan mengerti Cara mengedit template wordpressbagi bloger
1.Untuk meminimalisasi penggunaan plugin:
Dimana hal ini akan memakan resource database maka bisa diatasi dengan menggunakan PHP secara langsung.Untuk itu diperlukan sedikit pengetahuan dalam hal seluk beluk template agar bisa menempatkan dimana fungsi PHP tersebut dimunculkan.

2.Memilih template yang baik:
Sebenarnya template wordpress yang keren dan bagus sangat banyak gratisan yang tersedia di pasaran,namun perlu diketahui bahwa menggunakan template gratisan haruslah mengetahui juga dasar  PHP.Kenapa demikian?,,,,,,Kalau kita tidak mengerti sama sekali apa dan bagaimana penulisan PHP,maka kita tidak akan tahu mana template yang aman dan tidak aman.Tidak aman maksudnya?........Waspadalah!!!! template freemium atau gratisan (tidak resmi) bisa beresiko disisipi malmware yang bisa sangat merugikan blog kita.Atau disisipi script blackhat demi keuntungan sepihak si pembuat.Maka Kita harus bisa membedakan mana script PHP+kegunaan dan script yang di encode base64.Base64 adalah script yang di encoding sehingga siapapun tidak akan mengetahui apa kegunaan dari script tersebut.Bahayanya jika script yang dibase64 tersebut berfungsi negatif atau memanggil malmware/trojan.
Dengan mengerti cara mngedit template wordpress,maka blog kita akan terhindar dari hal yang bisa merugikan.

2.Merubah style layout halaman blog
Siapa sih yang tidak suka gratisan???,,,saya juga sangat suka kok,,,,.Jika anda lebih suka gratisan seperti saya,lebih baik menggunakan Template yang resmi dari situsnya wordpress.org.Kecuali kita bisa memastikan bahwa template gratisan dari luar  yang akan kita pakai tsb aman.
Namun template gratisan yang resmi dari wp biasanya memiliki desain yang sangat minimalis dan sederhana karena hanya menggunakan desain dasar pembuatan template.Maka diperlukan sedikit dasar kemampuan untuk mengeditnya agar sesuai dengan tampilan yang diinginkan.Kita hanya perlu mengerti sedikit pengetahuan CSS,HTML dan sedikit dasar PHP saja,karena banyak yang sharing sourcecode  fungsi PHP tertentu buat melengkapi blog wordpress kita.


Untuk itu Kamu harus mengerti hal hal yang perlu diketahui sebelum mulai memodifikasi template.

Pertama,login > Appearance > Editor > source code template

Beberapa file yang membangun template wordpress dasar

Header : header.php
Cara mengedit template wordpressBerisi tag header dimana webmaster meletakkan code code meta tag,pemanggilan fungsi style dan javascript.header.php Berisi tag HTML <html> pembuka,tag <body> dan tag head<head>..</head> .

Index Template : index.php
Sesuai dengan namanya,code yang ada di index.php inilah yang membangun dan ditampilkan saat pengunjung berada dihalaman home page/beranda blog.

Footer : footer.php
Berisi tag penutup dari </body> dan </html>,dan didalam footer.php ini juga tempat meletakkan konten yang biasanya tampil di bawah desain seperti credit link.

Theme Functions: function.php
Merupakan tempat dari code fungsi fungsi khusus dari template wp,dimana fungsi tersebut akan diloop kedalam bagian bagian yang ditampilkan di halaman blog.Dan di function.php ini biasanya diletakkan code yang merugikan dan dibase64 oleh oknum pembuat template.Maka harus selalu kita cek functions.php sebelum diinstall,terutama jika kita mendapatkan template gratisan yang tak resmi diluar dari wordpress.org.

Page Template: Page.php
Dimana code yang ada disini akan tampil dihalaman page/statis page.

Single Post: single.php
Didalam single.php ini berisi code yang akan menampilkan fungsi dihalaman item/postingan.Disini biasana tempat meletakkan code dari related post tanpa plugin.
Disitu ada code PHP yang memanggil konten posting dari database ,yaitu <?php the_content(); ?>.Dan jika ingin meletakkan php related post,taruh setelah code tersebut.

Not Found: 404.php
Jika seseorang tidak menemukan halaman berstatus 404 tak ditemukan,maka akan menuju halaman ini.Untuk mengedit 404.php jika diinginkan custom 404 atau redirect 404.

Search : search.php
Jika pengunjung melakukan pencarian diform yang ada diblog kamu,maka dia akan menuju halaman yang dibuat oleh search.php.Search.php berisi code yang memanggil dari database sesuai dengan kontent yang ditemukan sesuai katakunci.


Style : Style.css
Ini adalah code yang membangun style/layout dari blog kamu,dikenal dengan CSS yaitu skumpulan code yang berguna untuk memanipulasi tag tag html yang berada pada strukture template.Apakah kamu ingin merubah warna background,tulisan,tataletak,disinilah tempatnya.

Masih ada beberapa file.php yang pada umumnya (dasar) yang  ada pada template wp seperti category.php,tag.php,archive.php,author.php,sidebar.php dan lain lain.Namun yang paling umum di buka buka dan dimodifikasi adalah yang seperti dijelaskan diatas.
Walaupun ada banyak file.php yang ada pada sebuah template namun tidak saya sebutkan,namun kebanyakan yang ada pada dasarnya sama.

Begitulah sedikit hal dasar yang perlu diketahui dalam mengedit template wordpress.Sekaligus kegunaan kenapa pengguna wp harus mengetahui dasar dasar template wp.Semoga membantu!!...

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar