Tips Mudah mencari Driver Hardware pada Windows hanya dengan bermodal Internet

Bookmark and Share
Sobat themaniax, memang jika anda menginstall Windows pada komputer / laptop baru terkadang akan ada 1-2 driver yang masih belum ter-detect. Nah ini biasanya dikarenakan anda menginstall OS yang sudah tidak disarankan lagi untuk digunakan pada perangkat tersebut.

Lalu bagaimana mengatasinya? Jika anda berminat untuk membeli software maka bisa menggunakan Driver Scanner akan tetapi jika anda suka gratisan, maka cara berikut yang akan saya tunjukkan akan sangat cocok bagi anda :)

Untuk menjalankan cara dibawah ini anda cukup membutuhkan koneksi internet saja karena nanti anda akan mencarinya disalah satu sumber driver terbesar di dunia. Oke berikut ini adalah Tips Mudah mencari Driver Windows hanya dengan bermodal Internet.

1. Klik kanan My Computer >> pilih Properties.

2. Klik Hardware >> Klik Device Manager.

3. Klik kanan Device yang belum ada Driver (tanda tanya berwarna kuning) >> Klik Properties.

4. Pilih Tab Details. Pada Menu DropDown >> pilih Device Instance ID (Windows XP) atau pilih Device Instance Path (Windows 7).

5. Perhatikan baik-baik kode yang ada dibawahnya. Silahkan anda blok dan kemudian copy dengan menekan Ctrl + C. Disini contoh tulisan dari kode saya adalah :
PCI\VEN_10EC&DEV_8168&SUBSYS_46051961&REV_01\4&2803E7C1&0&00E2


6. Buka website www.devid.info dan pastekan kode driver anda tadi ke dalam kolom "Enter Device ID" dan tekan Enter.


7. Akan muncul driver anda dengan update terbaru beserta jenis Sistem Operasinya.


8. Silahkan anda Download, Install dan selesai.

Oya mungkin kalo ada yang tanya kenapa gambar hanya saya munculkan mulai nomer 5, ini dikarenakan laptop yang saya gunakan sudah terinstall driver semua.. nanti dari pada bingung kenapa tidak ada yang bergambar tanda tanya akhirnya ya tidak saya munculkan gambarnya.. hehehe. Oke semoga Tips Mudah mencari Driver Windows hanya dengan bermodal Internet bisa membantu anda yang pusing cari driver ya hohoho :)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar