Macam Jenis Obat Jantung

Bookmark and Share
Macam Jenis Obat Jantung - Macam Jenis dan Istilah Obat Jantung Bagi kita yang bertugas di bidang kesehatan pemberian obat adalah salah satu hal yang sudah menjadi kebiasaan serta pola rutinitas yang tiap hari dilaksanakan. Kepedulian akan prinsip benar obat pun sudah menjadi SOP yang harus dilaksanakan. Khususnya yang bekerja di perawatan unit jantung sudah tidak asing lagi dengan istilah obat untuk jenis gangguan jantung dan juga macamnya.

Macam Istilah Jenis Obat Jantung

Ada beberapa jenis obat macam obat jantung yang juga perlu diketahui berikut dengan istilah-istilah obat jantungnya. Gangguan jantung yang paling umum terjadi adalah angina, aritmia jantung, dan payah jantung. Nyeri Angina terjadi jika jantung tidak cukup menerima darah yang mengandung oksigen. Hal ini terjadi jika aliran darah yang melalui arteria koronaria terhambat, biasanya karena sumbatan yang melapisi bagian dalam arteri ini. Keadaan yang tak menyenangkan ini biasanya terjadi bila jantung harus bekerja lebih keras seperti misalnya pada kelelahan jasmani dan stress emosi.

Denyut jantung tak teratur juga gangguan irama jantung yang normal. Ada berbagai jenis aritmia jantung, yaitu fibrilasi, palpitasi, denyut prematur, dan paroksismal takhikardia (denyut jantung sangat cepat).

Berikut beberapa istilah jenis obat yang digunakan dalam memberikan pengobatan pada pasien jantung diantaranya yaitu :
  1. Obat Angina. Obat jantung dengan angina ini adalah obat yang diperuntukkan mengurangi nyeri angina / nyeri dada dengan cara memperbaiki pasokan darah dan oksigen ke jantung. Dan juga masuk dalam kategori obat Vasodilator ( Obat yang berkhasiat memperlebar pembuluh-pembuluh darah ). Contohnya adalah isosorbide dinitrat (ISDN).
  2. Antiaritmia. Obat ini menormalkan kembali denyut jantung yang tak teratur. Aritmia juga kadang disebut dengan disritmia (gangguan listrik jantung sehingga bisa menyebabkan denyut jantung yang tidak normal atau tidak teratur).
  3. Diuretika. Pemberian 0bat jenis diuretika ini berfungsi untuk menghilangkan kelebihan cairan tubuh dan sering digunakan untuk mengobati gagal jantung dengan kombinasi obat lainnya. Contohnya adalah obat lasix atau furosemide.
Demikian tadi sahabat sedikit mengenai istilah-istilah pemberian obat jantung dan juga istilah jenis obat jantung yang seringkali diberikan kepada pasien-pasien jantung, tentunya obat-obat dan jenis obat jantung di atas tadi disesuaikan dengan penyakit jantung yang sedang diderita oleh pasien. Pengetahuan akan istilah jenis-jenis obat juga perlu kita ketahui agar kita mengerti obat yang diberikan oleh Dokter dan juga fungsi kegunaan manfaat obat itu sendiri.



{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar