Polres Tuban Gerebek Tiga Pabrik Ikan Asin Berformalin

Bookmark and Share
Tuban (beritajatim.com) - Sebanyak 3 pabrik pengeringan ikan asin yang ada di Desa Glodok, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban digerebek oleh petugas Polres Tuban, Rabu (5/9/2012). Pasalnya, 3 pabrik itu terbukti menggunakan bahan pengawet formalin untuk mengawetkan ikan asin.

Terbongkarnya pabrik pengeringan ikan asin yang menggunakan bahan berbaya berupa formalin sebagai bahan pengawet tersebut, berawal saat petugas Polres Tuban mendapatkan informasi warga masyarakat bahwa tempat itu melakukan pengeringan dengan ikan bahan formalin.

Petugas dari Sat Reskrim Polres Tuban yang mendapatkan informasi itu langsung melakukan penyelidikan dengan mengambil sampel ikan asin dari tiga pabrik pengeringan ikan asin yang ada di Desa Glodok, Palang, Tuban itu untuk dilakukan uji labolatorium.

Dari hasil uji laboratorium menunjukkan bahwa ikan asin yang berasal dari tiga pabrik pengeringan milik Suwito (45), Kasiamah (52) dan Kaspik (61), warga desa itu, memang benar telah mengandung bahan formalin. Sehingga petugas kepolisian langsung melakukan penggerebekan pabrik pengeringan ikan asin itu dan menangkap pemiliknya.

Dalam penggerebekan tersebut, petugas Polres Tuban berhasil mengamankan sebanyak 6 ton ikan asin kering yang sudah dikemas dalam kardus dan siap dikirim ke sejumlah wilayah di Pulau Jawa.

"Ikan asin itu akan dikirim ke sejumlah wilayah, seperti Jakarta, Jogjakarta, Pasuruan serta wilayah lainnya. Pelaku sudah kita tangkap dan amankan untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut," terang Kasat Reskrim Polres Tuban, AKP Arief Kristanto, saat berada di tempat penggerebekan.

Petugas kepolisian langsung melakukan penyitaan terhadap barang bukti 6 ton ikan asin berformalin tersebut untuk dibawa ke Mapolres Tuban. Sementara petugas juga telah memasang garis polisi di tiga pabrik itu guna kepentingan penyelidikan lebih lanjut.[air/mut]

Sumber Artikel: BeritaJAtim.com (5 September 2012 17:08:29 WIB, Reporter : M Muthohar)

Untuk antisipasi beberapa ulah nakal pengusaha dengan menggunakan bahan berbahaya pada makanan, "EASY TEST" melounching beberapa produk test kit untuk analisis bahan berbahaya pada makanan. BEBERAPA PRODUK yang sudah kami launching dan sudah kami pasarkan meliputi beberapa produk test kit seperti di bawah ini,

EASY TEST juga telah meluncurkan produk terbaru test kit untuk anda semua... DENGAN HARGA YANG PASTI TETAP BERSAING...!!

Informasi lengkap silahkan lihat di link berikut,
- Test Kit Sianida (Cyanide Test Kit) - KLIK DISINI UNTUK LEBIH DETAIL
- Test Kit Nitrit (Nitrite Test Kit) - KLIK DISINI UNTUK LEBIH DETAIL
- Test Kit Hipoklorit (Hypochlorite Test Kit) - Klik disini untuk info detailnya
- Test Kit Iodat (Iodates Test Kit) - Klik disini untuk info detailnya
- Test Kit Peroksida (Peroxydes Test Kit) - Klik disini untuk info detailnya
Tag: analisis cepat, bahan berbahaya pada makanan, boraks dalam makanan, cyanide test kit, easy test, formalin dalam makanan, info kita, nitrite test kit, test kit, test kit borak, test kit formalin, test kit methanyl yellow, test kit nitrit, test kit pewarna batik, test kit rhodamin b, test kit sianida

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger