Foto foto pohon unik dan terkenal di dunia

Bookmark and Share
Pohon-pohon unik dan terkenal didunia sudah banyak yang musnah,namun terdengar lagi pohon-pohon lain yang tak kalah menakjubkannya.Seperti ohon L’Arbre du Ténéré adalah pohon yang  terisolasi dan terkenal di dunia karena menjadi tanda jalur karavan di gurun sahara namun  akhirnya tumbang akibat tertabrak truk yang dikendarai orang Libya yang sedang mabuk.Juga pohon Anne Honest di Amsterdam  juga tumbang,di akibatkan oleh badai hebat yang melanda kawasan tersebut. Akan tetapi masih banyak yang tersisa pohon-pohon yang unik dan terkenal didunia,dan mari kita simak pohon apa dan dimana saja itu;

1.Pohon Boab Prison

Pohon Boab Prison adalah pohon yang bisa disesuaikan ukurannya dan memiliki ruangan pada batangnya.Pohon ini terletak di sebelah selatan kawasan Derby yang berada di daerah tradisional bagian barat Australia. Reputasi pohon ini hingga menjadi terkenal karena pada tahun 1890 digunakan untuk mengurung para kriminal suku asli Australia saat perjalanan menuju Derby sebelum dihukum. Pada saat ini, pohon ini sudah dipagari agar terlindung dari perbuatan pengrusakan.

2.Pohon Oak Mayor

Pohon Oak Mayor adalah pohon oak raksasa di jantung hutan Sherwood, Nottinghamshire, Inggris. Ingat pohon Sherwood tentu kamu langsung ingat dengan legenda Robin Hood.Memang benar karena berdasarkan cerita rakyat setempat, pohon ini dulunya dijadikan tempat bersembunyi Robin Hood ketika pada saat dia beserta kelompoknya ditangkap. Pohon ini diperkirakan telah berumur sekitar 800 sampai 1000 tahun.
Nama pohon Oak Mayor diberikan karena pada tahun 1790, Mayor Hayman Rooke.Dia adalah seorang pengamat barang antik terkenal yang memasukkan kedalam buku yang ditulisnya tentang pengamatannya tentang bibit pohon oak kuno di Sherman , sehingga pohon ini diberi nama Pohon Oak Mayor.


3. Tree of Life (Pohon Kehidupan)

Tree of Life ini berada di Bahrain dan merupakan pohon penyendiri yang hidup ditengah-tengah gurun yang kering. Pohon ini diperkirakan beusia 400 sampai 500 tahun. Akarnya yang sangat panjang mungkin saja menembus jauh kedalam tanah dan menemukan sumber air bawah tanah.Namun dalam pandangan mata tetap saja sangat ajaib,karena sebuah organisme hijau dapat tumbuh di gurun yang luas dan kering. Penduduk lokal berpikir dulunya kawasan dimana pohon ini hidup adalah Taman Eden.

4. Pohon Socotra Dragon

Pohon ini juga dikenal dengan nama pohon darah naga karena mengeluarkan getah yang berwarna merah seperti darah. Tumbuh di pulau Socotra yang terkenal karena keaslian dan keanekaragaman hayati ,sehingga mengantarkan pulau ini sebagai salah satu warisan budaya yang ada di Yaman. Bentuk pohon yang unik seperti payung-payung ini memiliki kelebihan tersendiri sehingga  pohon ini bisa  bertahan karena hidup dikawasan yang bersuhu sangat panas.Bentuk seperti itulah yang membuatnya mampu mengurangi proses penguapan karena terlindung oleh dedaunannya yang rimbun.

5.Pohon General Sherman


Pohon General Sherman adalah pohon jenis Sequoia raksasa yang terletak di Hutan Sequoia yang berada di kawasan rekreasi nasional di California. Pohon ini terkenal karena  merupakan pohon-pohon yang memiliki ukuran paling besar di dunia. Sebenarnya, jika dihitung dari volumenya, lima dari sepuluh pohon terbesar diplanet kita ini terletak dikawasan hutan yang berada di California tersebut. Salah satu yang memiliki tinggi 11,1 meter merupakan Pohon General Sherman terbesar diantara yang lain. Proses tumbuhnya sampai mencapai ukuran yang sebesar itu diperkirakan telah membutuhkan waktu sampai 2700 tahun lamanya.


6.Pohon Cedar Dewa

Pohon-pohon Cedar Dewa membentuk hutan kecil dikawasan utara Lebanon. Pepohonan ini merupakan tumbuhan yang mampu bertahan dari hutan kuno hingga saat ini.Pepohonan yang terdiri dari berbagai jenis pohon Cedar di Lebanon tersebut  pernah menghiasi kawasan ini pada jaman dahulu. Pohon Cedar ini disebutkan  didalam Alkitab sebanyak tujuh puluh kali. Orang Mesir kuno menggunakan getahnya untuk proses pemumian.

7.Pohon Arbol del Tule

Pohon Árbol del Tule, adalah pohon jenis Montezuma Cypress yang terletak di kota María del Tule di Oaxaca, Meksiko. pohon ini memiliki dahan yang paling besar diantara jenis pepohonan yang ada di bumi. Begitu besarnya pohon ini sehingga sempat diperkirakan terdiri dari beberapa pohon, namun setelah dites DNA membuktikan bahwa dahan tersebut berasal dari satu pohon saja.Pertumbuhan pohon ini diperkirakan sudah 2000 tahun sampai 3000 tahun lamanya.

8.Pohon Kapas (Cotton Tree)

Pohon Kapas merupakan simbol bersejarah bagi Freetown, sebuah kota yang sibuk di Sierra Leone. Berdasarkan cerita dari mulut ke mulut, Pohon Kapas menjadi simbol penting pada tahun 1792 ketika kelompok mantan Serikat Budak Afrika untuk mendapatkan kemerdekaannya .Yaitu dengan bertempur melawan penjajah Inggris,disaat yang sama juga penduduk Amerika memperjuangkan hak serupa dari Inggris.

9.Avenue-of-the-Baobabs


Avenue-of-the-Baobabs merupakan kelompok pohon yang berbaris di jalanan berdebu yang menghubungkan Morondava dan Belon’i Tsiribihina dibagian barat Madagaskar. Pemandangan yang unik ini telah mendatangkan berbagai turis dari seluruh dunia, yang mengantarkan jalan ini sebagai tempat paling banyak dikunjungi didaerah ini. Pohon Baobab yang tumbuh selama lebih dari 800 tahun ini tidak hanya tumbuh di kawasan terpencil saja,namun juga tumbuh dibeberapa hutan eksotis di kawasan Madagaskar. Dengan berjalannya waktu, populasi bertambah, hutan-hutan di tebang untuk lahan pertanian sehingga saat ini hanya beberapa pohon Baobab yang tersisa.

10.Pohon Bodhi

Pohon ini begitu suci dan amat dikenal oleh umat Buddha, karena dibawah pohon ini, Siddharta Gautama mendapatkan pencerahan. Pohon Bodhi yang artinya Pohon Kebangkitan ini terletak di Bodhgaya, India dan merupakan spesies tanaman yang turun langsung dari pohon dimana pencerahan didapatkan Siddharta Gautama. Menurut umat Buddha, pohon Bodhi merupakan pusat dari alam semesta. Umat Buddha yang melakukan perjalanan suci ke Bodhgaya akan mengambil biji dan daun pohon Bodhi untuk dibawa pulang maupun disimpan di wihara.Merupakan hal yang wajar ketika kita memasuki areal wihara dan terdapat setidaknya satu pohon Bodhi dipekarangan.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger