Pabrik Ikan Asin Berformalin Sudah 5 Tahun Beroperasi

Bookmark and Share
Tuban (beritajatim.com) - Keberadaan dari 3 pabrik pembuatan ikan asin berformalin yang digrebek oleh petugas kepolisian Polres Tuban yang berada di Desa Glodok, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban tersebut sudah lama memproduksi ikan asin dengan menggunakan formalin. Rata-rata mereka sudah beroperasi selama 5 tahun, Rabu (05/09/2012).

Menurut dari keterangan Kasiamah (51), salah satu pemilik pabrik pembuatan ikan asin tersebut bahwa dirinya telah melakukan produksi ikan asin dengan menggunakan formalin tersebut sudah sekitar 5 tahun. Pelaku mengaku dengan menggunakan formalin keberadaan ikan akan lebih awet dan lebih cepat saat melakukan pengeringan. "Ini sudah 5 tahun saya lakukan, saya menggunakan formalin karena sesuai dengan permintaan yang membeli. Kalau tidak di formalin katanya ikannya cepat rusak," ujar Kasiamah (51), saat berada di pabriknya.

Menrutu Kaspik (61), yang merupakan salah satu dari pemilik pabrik ikan asin berformalin yang sudah beroperasi selama 3 tahun ini menyatakan bahwa ia memang sengaja menggunakan formalin dalam memproduksi ikan asin yang dijual di pasaran tersebut lantaran untuk mempercepat proses pengeringan. "Biasa kalau tidak memakai formalin pengeringan sampai 4 bahkan 5 hari, tapi kalau menggunakan formalin hanya butuh waktu satu hari sudah kering, selain itu ikan lebih tahan lama," sambung Kaspik.

Dalam setiap hari rata-rata mereka bisa melakukan produksi ikan asin berformalin tersebut antara 8 kwintal hingga 1 ton, tergantung dari hasil tangkapan ikan para nelayan yang ada di wilayah tersebut. "Untuk harganya juga tidak menentu tergantung penawaran, biasanya antara Rp 3.000 hingga Rp 4.000 setiap kilonya," lanjut ibu 2 anak tersebut.

Sementara itu petugas kepolisian Polres Tuban masih melakukan penyelidikan lebih lanjut dalam kasus pembuatan ikan asin berformalin tersebut. Saat ini petugas masih melakukan olah TKP dan memeriksa sejumlah saksi termasuk para pelaku.[mut/ted]

Sumber Artikel: BeritaJAtim.com (5 September 2012 17:08:29 WIB, Reporter : M Muthohar)

Untuk antisipasi beberapa ulah nakal pengusaha dengan menggunakan bahan berbahaya pada makanan, "EASY TEST" melounching beberapa produk test kit untuk analisis bahan berbahaya pada makanan. BEBERAPA PRODUK yang sudah kami launching dan sudah kami pasarkan meliputi beberapa produk test kit seperti di bawah ini,

EASY TEST juga telah meluncurkan produk terbaru test kit untuk anda semua... DENGAN HARGA YANG PASTI TETAP BERSAING...!!

Informasi lengkap silahkan lihat di link berikut,
- Test Kit Sianida (Cyanide Test Kit) - KLIK DISINI UNTUK LEBIH DETAIL
- Test Kit Nitrit (Nitrite Test Kit) - KLIK DISINI UNTUK LEBIH DETAIL
- Test Kit Hipoklorit (Hypochlorite Test Kit) - Klik disini untuk info detailnya
- Test Kit Iodat (Iodates Test Kit) - Klik disini untuk info detailnya
- Test Kit Peroksida (Peroxydes Test Kit) - Klik disini untuk info detailnya
Tag: analisis cepat, bahan berbahaya pada makanan, boraks dalam makanan, cyanide test kit, easy test, formalin dalam makanan, info kita, nitrite test kit, test kit, test kit borak, test kit formalin, test kit methanyl yellow, test kit nitrit, test kit pewarna batik, test kit rhodamin b, test kit sianida

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger