Usus 10 Kg Mengandung Formalin Disita

Bookmark and Share
JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 10 kilogram usus sapi positif mengandung formalin ditemukan petugas Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta Timur. Petugas menemukan usus tersebut saat menggelar pemantauan di sejumlah pasar.

Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Sudin Peternakan dan Perikanan Jaktim, Sabdo Kurnianto, mengungkapkan 10 kilogram usus berformalin tersebut didapat dari dua orang pedagang di Pasar Pulogadung, Kecamatan Pulogadung, Jaktim.

"Petugas kami menemukan itu, kami sita. Karena kan untuk melindungi konsumen," ujarnya saat dihubungi wartawan.

Dua pedagang yang kedapatan menjual daging berbahaya tersebut diketahui berinisial YT dan SY. Keduanya menjalani proses Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dan selanjutnya, diarahkan untuk melakukan aktivitas di rumah pemotongan hewan di Cakung, Jakarta Timur. Sementara, barang bukti dimusnahkan dengan cara dikubur.

Selain pasar Pulogadung, petugas juga menyisir pasar lainnya, antara lain, Pasar Ujung Menteng, Kecamatan Cakung dan Pasar Palmeriam, Kecamatan Matraman. Pengawasan tersebut difokuskan pada jam-jam ramai aktivitas.

"Dalam pengawasan, masing-masing juga kami ambil 45 sampel ayam di Pasar Pulogadung, 35 sampel di Ujung Menteng, dan 25 sampel di Palmeriam. Hasilnya, untuk ayam potong semuanya negatif atau tidak mengandung formalin," lanjutnya.

Pihaknya berjanji akan terus melakukan pemantauan pasar-pasar di Jakarta Timur. Terutama untuk mengawasi peredaran daging tak layak konsumsi untuk menjaga kenyamanan masyarakat, terutama menjelang Idul Fitri.

Editor : Aloysius Gonsaga Angi Ebo, Penulis : Fabian Januarius Kuwado (Sumber Tulisan: Kompas.Com)

Untuk antisipasi beberapa ulah nakal pengusaha dengan menggunakan bahan berbahaya pada makanan, "EASY TEST" melounching beberapa produk test kit untuk analisis bahan berbahaya pada makanan. BEBERAPA PRODUK yang sudah kami launching dan sudah kami pasarkan meliputi beberapa produk test kit seperti di bawah ini,

EASY TEST juga telah meluncurkan produk terbaru test kit untuk anda semua... DENGAN HARGA YANG PASTI TETAP BERSAING...!!

Informasi lengkap silahkan lihat di link berikut,
- Test Kit Sianida (Cyanide Test Kit) - KLIK DISINI UNTUK LEBIH DETAIL
- Test Kit Nitrit (Nitrite Test Kit) - KLIK DISINI UNTUK LEBIH DETAIL
- Test Kit Hipoklorit (Hypochlorite Test Kit) - Klik disini untuk info detailnya
- Test Kit Iodat (Iodates Test Kit) - Klik disini untuk info detailnya
- Test Kit Peroksida (Peroxydes Test Kit) - Klik disini untuk info detailnya
Tag: analisis cepat, bahan berbahaya pada makanan, boraks dalam makanan, cyanide test kit, easy test, formalin dalam makanan, info kita, nitrite test kit, test kit, test kit borak, test kit formalin, test kit methanyl yellow, test kit nitrit, test kit pewarna batik, test kit rhodamin b, test kit sianida

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar