Ternyata Mengunyah Makanan lebih Lama bisa Menurunkan Resiko Diabetes

Bookmark and Share

Sobat themaniax, anda yang terbiasa mengunyah makanan dengan cepat tampaknya harus mulai mengubah cara makan anda. Para ahli sudah meneliti hubungan mengunyah makanan dengan penyakit diabetes dan ternyata ditemukan fakta yang begitu menarik. Ternyata mengunyah makanan dengan cepat akan bisa membuat anda mudah menderita diabetes, sebaliknya jika anda mengunyah makanan dengan perlahan dan lebih lama akan bisa menurunkan resiko terserang diabetes. Nah berikut ini adalah penjelasan yang saya kutip dari situs terpercaya di Internet.

Dalam kehidupan yang sibuk dan serba cepat, terkadang orang lebih suka untuk mengunyah makanan dengan cepat. Ternyata kebiasaan ini bisa meningkatkan risiko diabetes. Kunyah makanan Anda pelan-pelan agar risiko diabetes menjauh.

Sebuah penelitian terbaru telah membuktikan bahwa makan secara terburu-buru bisa meningkatkan risiko terkena diabetes di usia lanjut.

Menurut penelitian, kemungkinan orang yang selalu mengunyah makanan dengan cepat berisiko tinggi mengalami penyakit metabolisme seperti diabetes. Ini disebabkan karena mengunyah makanan dengan cepat dapat meningkatkan kuantitas gula dalam aliran darah dalam seketika.

Akibatnya, orang yang sering makan cepat-cepat cenderung lebih mudah mengembangkan impaired glucose tolerance (IGT) atau dikenal juga dengan pra-diabetes.

"Tingkat gula darah pada orang dengan IGT lebih tinggi dari biasanya, sehingga mereka berisiko mengembangkan diabetes. Tapi masalahnya kondisi ini dapat menyebabkan diabetes tipe 2 jika tindakan tidak dilakukan. Kemungkinan orang-orang (yang makan dengan cepat) mengembangkan diabetes tipe 2 dalam 10 tahun berikutnya adalah 50 persen," jelas Dr Pradeep Ratnaparkhi, seperti dilansir Timeofindia, Jumat (14/10/2011).

Menurutnya, makan terlalu cepat berbahaya bagi kesehatan dengan berbagai cara. Hal ini dapat mengakibatkan peningkatan jumlah kalori yang dikonsumsi karena dibutuhkan waktu bagi otak untuk memberikan sinyal bahwa perut sudah kenyang.

Otak membutuhkan waktu 20 menit untuk menyadari bahwa perut sudah kenyang. Jadi, jika Anda mengunyah dengan cepat maka kalori yang masuk ke tubuh akan semakin banyak hingga Anda mendapatkan sinyal bahwa perut sudah kenyang.

Hal ini ternyata mengakibatkan kenaikan berat badan yang pada gilirannya berhubungan dengan pra-diabetes dan diabetes tipe 2.

"Diet sehat dan olahraga teratur dapat membantu orang dengan pra-diabetes menjaga tingkat gula mereka di bawah kontrol. Dan makanlah secara perlahan agar tetap ramping dan bugar," tutup Dr Pradeep Ratnaparkhi.

Nah menarik kan?
Mungkin anda yang terbiasa makan dengan cepat, akan sedikit kesusahan ketika mencoba mempraktekkan ini. Ya itu wajar karena saya pribadi (yang juga hobi makan dengan cepat) juga kesusahan... hahaha. Tapi ada sedikit tips dari saya yang mungkin bisa berguna bagi anda agar anda bisa mengunyah makanan lebih lama sampai halus, yaitu :

1. Kurangi suapan porsi sendok
Jangan penuhi sendok makan anda dengan makanan. Isi sekitar 1/2 sampai 3/4 saja agar mulut anda tidak terasa penuh dan lebih mudah untuk mengunyah lebih lama.

2. Usahakan anda tenang dan jangan ada keinginan bicara ketika makan
Keinginan untuk berbicara akan membuat anda terburu-buru dalam mengunyah makanan, jadi usahakan anda makan dalam kondisi yang tenang seperti melihat tanaman hijau atau hal lain yang bisa menenangkan pikiran anda.

3. Makan secukupnya bukan sekenyangnya
Makan adalah sebuah kebutuhan namun itu jangan sampai dilakukan berlebihan. Makanlah secukupnya yang kiranya bisa membuat energi anda terisi dan jangan makan dengan porsi segunung sampai kenyang. Percaya deh, anda melihat porsi makanan yang begitu banyak sementara anda mengunyah pelan-pelan pasti akan membuat anda tidak sabaran untuk segera menghabiskannya dengan cara yang salah pula.

Oke semoga artikel tenang Mengunyah makanan lebih lama yang dapat menurunkan Resiko Diabetes ini bisa bermanfaat bagi anda dan juga keluarga :)

Thanx to Sumber :
-) http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=10977119
-) http://health.detik.com/read/2011/10/14/134531/1744088/763/kunyah-makanan-pelan-pelan-agar-terhindar-dari-diabetes

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar