Cara mudah Membuat Software Portable dengan Winrar

Bookmark and Share
Sobat themaniax, mungkin anda sering menggunakan software-software seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Firefox, Winamp dan lain sebagainya baik untuk pekerjaan anda atau bahkan sekedar hiburan dan hobi. Nah, jika suatu saat anda berada di tempat lain seperti warnet dan tidak ada software yang anda cari maka apa yang perlu anda lakukan?

Jawabannya adalah dengan membawa Software Portable kesayangan anda. Namun apa yang terjadi jika ternyata anda tidak mempunyai versi portable dari software kesayangan anda? Maka yang perlu anda lakukan adalah membuat sendiri versi portable dari software tersebut. Ya, untuk membuat portable ini ternyata tidak sesulit yang dibayangkan lho dan lebih hebatnya anda bisa Membuat Software Portable dengan menggunakan Winrar.

Anda baru dengar dan baru tahu tentang ini? Sama seperti saya yang sangat senang untuk membagi informasi menarik ini kepada anda :). Nah langsung saja ya, berikut adalah langkah-langkah Membuat Software Portable dengan Winrar.

1. Anda harus sudah punya WinRar yang terinstal pada komputer atau laptop anda. Kayaknya sangat jarang orang jaman sekarang tidak punya software ini, bukan begitu?

2. Silahkan anda masuk pada folder aplikasi yang ingin anda jadikan sebagai Software Portable dan pilih semua file didalamnya dengan menekan Ctrl-A. Misalkan saat ini saya ingin membuat versi Portable dari AAA logo 2010 jadi yang saya lakukan adalah seperti gambar dibawah ini. Oya harap ingat baik-baik nama file .exe untuk menjalankan software, misalkan dalam tes ini adalah alogo.exe


3. Setelah anda pilih semua file & folder didalamnya, klik kanan pada salah satu file dan pilih "Add to Archive"


4. Pada Aplikasi WinRar, centang opsi "Create SFX Archive"


5. Pilih Tab "Advanced" dan klik "SFX Options"


6. Pada menu SFX Options ini, masuk pada tab "General" isikan kotak "Run after extraction" dengan file .exe yang tadi. Dalam tes ini adalah alogo.exe


7. Berikutnya masih pada menu SFX Options, pilih tab "Modes". Pada bagian Temporary mode centang "Unpack to temporary folder", pada Silent mode pilih "Hide all" dan pada bagian Overwrite mode pilih "Overwrite all files".


8. Klik Ok, klik Ok lagi dan tunggu proses hingga selesai. Setelah selesai akan muncul file baru anda dengan ekstensi .exe,


9. Coba jalankan file tersebut dan tadaaa... anda telah berhasil membuat aplikasi portable :)


Cukup mudahkan Membuat Software Portable dengan Winrar ini?
Daripada anda capek-capek download lagi, lebih baik membuat software portable ini sendiri jadi anda tidak perlu kerja 2x :)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar