Tips Tidur Bagi Penderita Insomnia

Bookmark and Share
Bagi para penderita atau pun yang seringkali mengalami insomnia tentunya kebutuhan tidur adalah salah satu kubutuhan yang bisa dijadikan kebutuhan pokok yang sulit sekali untuk didapatkan dan diraih. Insomnia adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami gangguan susah tidur dan atau kurangnya waktu istirahat karena rutinitas yang memaksa seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan dan karena terbiasa. Demikian kurang lebih yang dimaksud dengan pengertian insomnia.

Kebutuhan tidur manusia dewasa dalam seharinya yang kita kenal adalah berkisar kurang lebih selama 8 jam. Dengan kita beristirahat dan terpenuhi akan kualitas tidur dan juga dalam kwalitas tidur maka produktifitas kita dalam melaksanakan pekerjaan serta aktifitas kita sehari-hari akan lebih baik dibanding dengan orang yang kualitas kwantitas tidurnya berkurang. Untuk kali ini kita akan belajar bersama bagaimana cara atasi insomnia ini.

Tips Tidur Yang Baik Bagi Insomnia,Cara Atasi Insomnia, Mencegah Insomnia

Insomnia atau susah tidur sulit tidur sebenarnya sangat tidak baik untuk kesehatan terutama hati (liver). Selain hati masih banyak pengaruh buruk insomnia bagi kesehatan. Bagi kesehatan hati kita ada penelitian bahwa orang yang tidur larut malam rawan terkena kanker hati, karena hati akan bekerja maksimal saat kita tidur antara pukul 11 malam – jam 3 malam, jadi jika kita tidur sangat larut, maka hati tidak bisa bekerja maksimal dan hal ini akan bisa menyebabkan kanker.

Orang-orang yang menderita sulit tidur / susah tidur atau seringkali disebut dengan insomnia dalam dunia medis bila dibiarkan berlarut-larut dan dalam janka waktu yang lama maka hal ini akan menimbulkan efek negatif bagi kesehatan kita sendiri. Untuk itu bagi para penderita yang mengalami kesulitan dalam tidur ini akan membutuhkan tips dan trik agar bisa tidur dengan baik sehingga kualitas tidur kita bisa lebih baik lagi dan kesehatan kita pun pada akhirnya akan lebih terjaga. Mengetahui bagaimana cara mencegah insomnia ini juga penting kita ketahui dalam rangka menghilangkan berbagai macam gangguan tidur yang bisa berakibat kurang baik bagi kesehatan kita.

Berikut adalah beberapa tips cara tidur bagi insomnia dan diantaranya yaitu :
  1. Usahakan kita mempunyai jam waktu tidur yang teratur terlebih pada waktu malam hari. Karena dengan keteraturan dan juga kebiasaan tidur tepat waktu akan bisa sebagai therapi bagi para penderita sulit tidur untuk bisa lebih baik lagi kualitas tidurnya teritama pada waktu malam hari. Ini adalah tips mengatasi insomnia yang pertama.
  2. Sebelum kita beranjak ke tempat tidur untuk beristirahat usahakan untuk menghindari makan dan minum yang terlalu banyak. Makan malamlah sekitar kurang lebih 2 jam sebelum tidur agar pencernaan juga beristirahat setelah bekerja sebelum beranjak tidur, hindari pula minum terlalu banyak karena bisa jadi di tengah-tengah waktu tidur kita terbangun karena ingin kencing sehingga waktu tidur kita terpotong.
  3. Hindari penggunaan nikotin, kafein, dan minuman beralkohol pada malam hari. Terlebih pada saat hendak beranjak tidur. Hal tersebut dapat merangsang kamu tetap terbangun. Perokok sering mengalami gejala witdrawal di malam hari. Hindari kafein paling tidak 8 jam sebelum tidur. Tubuh anda tidak menyimpan kafein, tapi perlu waktu lama untuk menghilangkan rangsangan dan efek dari kafein tersebut. Alkohol, meskipun sering dipercaya bahwa alkohol bisa menjadi obat penenang, tapi sebenarnya alkohol dapat mengganggu tidur.
  4. Membuat suasana kamar tidur kita dingin, gelap, tenang dan nyaman. Menciptakan ruangan kamar yang nyaman untuk tidur, atur tingkat pencahayaan, suhu, kelembaban, sesuai pilihan yang kita inginkan. Gunakan kelambu, penutup mata, penutup telinga, selimut, kipas angin, alat pelembab udara atau alat lainnya guna menciptakan suasana nyaman bagi penderita susah tidur.
  5. Menggunakan alas tidur dan bantal yang nyaman. Pemilihan tempat tidur berbeda-beda tiap orang. Tapi kita harus bisa memastikan bahwa alas tidur dan bantal adalah yang membuat kita nyaman dalam beristirahat.
  6. Melakukan beberapa rutinitas ringan sebelum tidur. Sebelum tidur lakukanlah rutinitas yang mungkin bisa membantu tidur seperti, latihan pernafasan, membaca buku, mendengarkan musik, dan lain-lain. Aktifitas ringan sebelum tidur ini akan membantu kita dalam menjalankan tips atasi insomnia ini.
Semoga tips tidur yang baik dan sehat terutama bagi penderita gangguan tidur yang mengalami susah tidur tersebut bisa bermanfaat dan juga berguna. Sehingga bila kebutuhan tidur bisa terpenuhi dengan baik maka efektifitas kerja dan produktifitas kita dalam menjalankan aktifitas sehari-hari akan lebih baik lagi dan pekerjaan kita pun akan bisa terselesaikan dengan baik pula.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar