Tips Agar tidak merasa mual pada wanita hamil

Bookmark and Share
Cara Agar tidak mual saat hamilTips Agar tidak merasa mual pada wanita hamil - Masa awal kehamilan selalu identik dengan rasa mual dan muntah,istilah kerennya adalah morning sick. Kenapa disebut Disebut morning sickness?.. karena kebanyakan pada wanita hamil, gejala seperti ini paling parah menyerang pada pagi hari dan berangsur mereda seiring dengan berjalannya hari.Sebenarnya rasa mual saat hamil bisa menyerang kapan saja dan bahkan bisa berlangsung seharian penuh, walaupun dengan intensitas yang berbeda-beda untuk setiap wanita hamil.Pada awalnya wanita yang sudah menikah akan merasa senang,karena dengan rasa mual ini berarti pertanda akan segera dikaruniai seorang anak.Namun jika rasa mual bahkan sampai muntah muntah bahkan setiap hari maka akan BT juga.Karena dampaknya akan berpengaruh pada selera makan.


Sebelum Anda baca tips Agar tidak merasa mual saat hamil,mari kita simak dulu apa penyebab gejala mual saat hamil atau morning sickness.
Morning sickness dapat timbul karena adanya berbagai perubahan dalam tubuh selama hamil, yaitu:
• Meningkatnya sejumlah hormon secara drastis pada awal kehamilan seperti estrogen dan hCG (human chorionic gonadotrophin) yaitu hormon yang diproduksi plasenta selama masa kehamilan dalam tubuh Anda. Intensitas mual dan muntah cenderung meningkat seiring dengan melonjaknya kadar hCG. Wanita hamil yang memiliki kadar hCG lebih tinggi, misalnya ketika mengandung anak kembar, juga cenderung mengalami intensitas morning sickness yang lebih tinggi.

• Indera penciuman menjadi lebih sensitif. Makanan-makanan tertentu yang memiliki aroma kuat dapat tercium dari jarak cukup jauh dan bisa langsung membuat Anda merasa mual.

• Kondisi emosional Anda juga bisa memperparah morning sickness, misalnya jika sedang stres.

Kapan dan berapa lama saya akan mual-mual?
Morning sickness umumnya terjadi pada trimester pertama kehamilan. Ada wanita hamil yang mual-mual dan diikuti dengan muntah, namun ada juga yang hanya merasa mual saja. Rasa mual biasanya muncul saat kehamilan memasuki minggu ke-6, tetapi bisa juga timbul lebih awal pada minggu ke-4.
Ada wanita hamil yang terbebas dari gejala mual-mual dan muntah setelah melewati 14 minggu. Ada pula yang butuh waktu sekitar sebulan untuk terbebas dari morning sickness, meski mungkin nanti akan muncul-hilang selama masa kehamilan. Bahkan ada juga wanita yang terus menerus mengalami mual dan muntah sepanjang kehamilan sampai persalinan.

Apa akibat yang dapat ditimbulkan?
Walaupun morning sickness dianggap sebagai gejala yang normal, tapi bukan berarti bisa disepelekan. Mual-mual dan muntah akan menimbulkan kelelahan dan akan menurunkan kondisi fisik, yang tentu saja hal ini tidak baik bagi kehamilan Anda.

Apakah mual-mual dan muntah bisa berpengaruh pada janin?
Bila intensitas mornick sickeness tergolong ringan hingga sedang, maka tidak akan berpengaruh buruh pada kesehatan janin. Sedangkan gejala mual-mual dan muntah yang berlangsung terus menerus dengan intensitas tinggi, ada kemungkinan menimbulkan risiko pada kesehatan janin. Untuk lebih memastikan, berkonsultasilah dengan dokter kandungan Anda.

Tips menghindari rasa mual saat hamil


• Pakailah metode "makan sedikit tapi sering" sepanjang hari, sehingga perut Anda tidak pernah dalam keadaan kosong. Makanan bisa yang tergolong karbohidrat, makanan yang mengandung protein tinggi ataupun snack. Jangan lupa untuk minum yang banyak, baik air putih atau jus di sela-sela makan.

• Hindarilah golongan makanan yang beraroma kuat, yang dapat membuat Anda merasa mual. Sebaiknya makanlah makanan yang bersuhu ruangan atau dingin, karena makanan yang baru matang dan masih panas cenderung mengeluarkan aroma yang kuat.

• Jauhi makan makanan yang mempunyai kadar lemak tinggi ,karena akan butuh waktu lebih lama bagi sistem pencernaan untuk mencernanya. Makanan-makanan yang digoreng, pedas, dan asam juga tidak disarankan karena dapat mengganggu sistem pencernaan.

• Waspadai pula hal hal yang bisa memicu rasa mual selain makanan, seperti misalnya ruangan yang sumpek dan mengeluarkan bau kurang sedap, bau parfum yang menyengat, atau menaiki mobil.

• Disaat bangun tidur jangan langsung turun dari tempat tidur,tetapi uduklah dulu di tempat tidur selama beberapa menit. Untuk alternatif, saat bangun tidur minumlah air putih dan makan biskuit atau cracker yang telah siapkan di samping tempat tidur sebelumnya. Kemudian beristirahatlah selama 20-30 menit sebelum turun dari tempat tidur. Mengemil cracker di malam hari juga dapat membantu bila Anda terbangun dengan mual-mual pada tengah malam.

• Rasa mual akan bertambah parah jika Anda lelah dan mengalami stres. Jadi, luangkanlah waktu untuk bersantai dan tidur.Melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti menonton film atau berkumpul dengan teman-teman,hal ini untuk mengalihkan Anda dari rasa mual.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger