Sogan, Model Baju Batik Asli Indonesia Yang Kerap Laku Keras Di Luar Negeri

Bookmark and Share


Sogan, adalah salah satu dari sekian banyak model baju batik yang sangat disukai dan terkenal hingga ke mancanegara seperti eropa, baju batik ini sendiri memang menjadi primadona tersendiri diantara ratusan model baju batik yang di tawarkan pada umumnya. Batik tulis yang di buat dari pewarna alami ini memang dirancang khusus untuk di pasarkan di beberapa Negara besar di seluruh dunia. Untuk masalah bandrolnya sendiri batik Sogan ditawarkan pada range harga 200 hingga 300 ribu rupiah per potongnya. Lantas mengapa batik sogan menjadi salah satu batik primadona yang kerap di buru oleh peminat dari luar negeri?

Batik Sogan, atau Soga..sebenarnya di ambil dari nama tumbuhan yang bernama latin papilionaceae yang mempunyai cirri khas berwarna kuning pekat yang cukup khas. Dengan penggunaan pewarna alami tumbuhan soga ini menyebabkan warna model baju batik ini terasa jauh lebih natural serta nyaman di gunakan dalam waktu yang lama. Di Indonesia sendiri batik Sogan memang indentik dengan batik nya orang Keraton Jawa seperti Yogyakarta dan Solo, motifnya sendiri bisa dibilang mempunyai pakem yang bisa dibilang mengadaptasi langsung motif-motif klasik keluarga keratin. Batik ini sendiri tergolong batik yang cukup ekslusif dan berharga tinggi, wajar saja karena bahan pewarna yang digunakan menggunakan bahan yang sulit dicari, karena tumbuhan Soga sampai saat ini memang hanya tumbuh dalam kurun waktu yang panjang.

Untuk cirri khasnya sendiri, batik Sogan biasanya dibuat dengan menggunakan pewarnaan berunsur coklat sebagai dasar, kembudian akan di kombinasikan kembali dengan warna kuning yang sebelumnya di olah menjadi warna Coklat tua, Coklat kekuningan, Coklat Muda, Serta kehitaman,.Proses pengolahan warna sendiri bisa dibilang cukup sulit. Karena untuk mengolah warna kuning yang dihasilkan dari tumbuhan Soga, kita harus mengolahnya menggunakan kayu secang, kayu tingi, serta Kayu jambal, hal ini dimaksudkan agar jika di campur dapt memunculkan warna lain yang memberikan efek lebih dalam dan pekat…

So apakah ente cukup tertarik untuk membeli batik Soga??

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar