Soal Adaptor Laptop Berkedip

Bookmark and Share



Adaptor laptop adalah bagian terpenting dari sebuah laptop, karena bila kehabisan batere laptop adaptor laptop di gunakan untuk mencas laptop sebagai sumber tegangan listrik, bila lampu adaptor laptop anda berkedip maka lebih baik anda hentikan penggunaan laptop:


Jika adaptor laptop yang berkedip ini tetap digunakan, hal ini akan sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan :

Baterai anda bisa mati

Salah satu komponen pada mainboard atau adaptor terbakar menyebabkan laptop mati total.

Lampu adaptor laptop yang berkedip menandakan adanya konslet atau arus pendek pada mainboard atau pada adaptor.

Cara mengatasi adaptor laptop berkedip adalah sebagai berikut:

Coba laptop dengan adaaptor lain yang satu merk. Bisa pinjam ke teman anda. Jika sewaktu di coba adaptor tersebut masih berkedip atau tidak menyala sama sekali, atau lampu indikator di laptop yang biasanya biru menjadi warna lain. Maka dapat dipastikan ada yang konslet pada laptop anda.
Kemudian coba adaptor laptop anda pada laptop lain sama atau yang kompatibel (satu merek, lihat voltase dan amperenya). Jika adaptor masih berkedip, maka adaptor andalah sepertinya yang bermasalah.
Gunakan multitester untuk mengukur apakah arus dan voltase adaptor laptop masih normal yaitu sesuai dengan voltase dan arus yang tertera di label adaptor laptopnya. Hal inilah yang biasa dilakukan oleh teknisi laptop untuk mengetahui apakah adaptor atau mainboard laptopnya yang rusak.

Demikian tipanya semoga bermanfaat untuk anda saat menggunakan laptop dan menghadapi masalah tersebut, temukan info menarik tentang meja laptop

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar