Manfaat Olahraga

Bookmark and Share
Manfaat Olahraga Bagi setiap manusia yang namanya olahraga tentunya akan bermanfaat bagi bagi kesehatan. Karena olahraga akan memberikan kebugaran bagi yang melakukannya. Kali ini Blog Keperawatan akan mencoba share sedikit mengenai manfaat olahraga dan utamanya manfaat olahraga bagi anak.

Aktifitas fisik yang dilakukan dengan baik dan juga benar serta juga teratur akan mambantu serta memacu tumbuh kembang anak. Termasuk juga di dalamnya adalah manfaat olahraga ini bagi anak-anak. Olahraga anak tentunya berbeda dengan orang dewasa pada umumnya baik itu dalam hal kualitas atau pun kuantitasnya. Karena dari tujuan olahraga juga bisa dibedakan. Tujuan olahraga anak kebanyakan hanya bersifat melatih serta mengenalkan olahraga itu sendiri selain juga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran bagi sang anak itu sendiri.

Manfaat olahraga, Blog Keperawatan

Maka bisa dikatakan bahwasannya olahraga bagi anak yang tepat merupakan kunci bagi kondisi fit dan bugar, termasuk bagi anak-anak. Tentunya latihan jasmani ini perlu dibarengi dengan kebiasaan pola hidup sehat lainnya, seperti diet dengan gizi seimbang dan juga lingkungan yang mendukung.

Di bawah ini adalah beberapa manfaat olahraga untuk anak dan diantarannya yaitu :
  1. Kesehatan. Mengurangi resiko berbagai penyakit, khususnya yang berkaitan dengan obesitas. Berbagai penelitian menunjukkan, obesitas pada anak-anak meningkatkan resiko terjadinya penyakit degeneratif, seperti jantung, stroke dan diabetes pada usia yang lebih muda. Belum termasuk lebih mudah terkena infeksi dan risiko kanker.
  2. Kebugaran. Olahraga bagi kesehatan yang dilakukan sesuai takaran akan membuat anak bugar sehingga ia bisa lebih aktif dan produktif.
  3. Pertumbuhan. Kombinasi olahraga dan diet yang tepat sangat bermanfaat untuk pertumbuhan anak, akan merangsang tubuh untuk mengaktifkan hormon-hormon pertumbuhan, sehingga anak bisa mencapai potensi maksimal yang dimilikinya.
  4. Perkembangan. Olahraga membantu meningkatan perkembangan fungsional semua panca indra. Karena saat berolahraga anak-anak dilatih untuk bisa memahami perintah, aturan main, kerja sama, mencari solusi, dan mencapai tujuan.
  5. Kecerdasan. Olahraga dapat membuat koordinasi kerja otak yang semakin bagus, sehingga anak mudah menyerap informasi atau pengetahuan yang diberikan.Dampak lainnya anak mempunyai rasa percaya diri yang baik dan melatih pula keterampilan sosialnya menjadi lebih baik.
  6. Sosial. Manfaat olahraga bagi kesehatan dalam hal ini kesehatan anak juga akan membuat dan melatih anak-anak mempunyai watak sosial, terlepas dari karakter olahraga yaang individu atau olahraga berkelompok. Dengan memiliki teman dalam satu kelompoknya, anak-anak bisa memahami adanya perbedaan, persaingan, persahabatan, kemenangan, dan kekalahan, serta bisa menyikapi secara dewasa semua hal yang terjadi pada dirinya.
Demikian tadi sahabat-sahabat sedikit mengenai manfaat olahraga terutama dalam hal ini adalah manfaat olahraga bagi kebanyakan anak-anak sekarang ini dan semoga bisa memberikan manfaat.


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar