Inilah Bentuk dari Hardisk pertama di Dunia yang berukuran Jumbo

Bookmark and Share
Saat ini hardisk adalah perangkat yang sangat dibutuhkan sebagai media penyimpanan data-data penting baik seperti data pelanggan, film, musik sampai dengan data yang bersifat pribadi. Nah pernahkah anda membayangkan bagaimanakah bentuk dari Hardisk saat pertama kali ditemukan? Percayalah anda bakal kaget karena pada awal penemuannya, hardisk ini berukuran sangat besar dan hanya mampu memuat 5MB data atau setara dengan 1 lagu MP3 saja!

Teknologi Hardisk ini pertama kali ditemukan oleh IBM dan diperkenalkan kepada publik pada tanggal 4 September 1956 dengan nama 305 RAMAC. Hardisk ini berukuran sangat besar setara dengan ukuran 2 buah Lemari Es dan juga dengan harga setara dengan $250.000 pada masa sekarang. Kendati berukuran Jumbo, Hardisk yang bernama 305 RAMAC ini hanya mampu menyimpan data sebesar 5MB saja sehingga pada saat itu hanya data yang sangat luar biasa penting saja yang bisa disimpan.

Mau tahu bagaimana bentuk dan ukuran dari Hardisk pertama di Dunia ini? Berikut adalah beberapa gambar yang berhasil saya temukan di Internet.

Foto-foto Hardisk Pertama di Dunia :



Spesifikasi dari Hardisk Pertama di Dunia :
IBM 305 RAMAC (Random Access Method of Accounting and Control) 1956
Kapasitas : 4,8 MB
kecepatan rotasi : 1.200 rpm
Harga Sewa : $3.200 per bulan (1957)
Pengguna bisnis pertama : Chrysler’s MOPAR Division (1957)
Jumlah unit yang pernah diproduksi : Lebih dari 1000 unit hingga tahun 1961

Nah setelah melihat Gambar dan Spesfikasi Hardisk diatas, sekarang coba anda bandingkan dengan Hardisk setebal 5mm yang sedangkan dikembangkan oleh Western Digital yang dinyatakan akan mampu menyimpan hingga 500GB data. Wow... betapa cepat dan canggihnya perkembangan teknologi saat ini. Mungkin di masa depan bisa jadi Hardisk bakal bisa setipis kartu kredit anda :)

Thanx to Sumber :
http://www.didunia.net/2012/07/harddisk-pertama-di-dunia.html

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar