Contoh Paragraf Deduktif

Bookmark and Share
Untuk mengetahui contoh paragraf deduktif mari kita sama belajar dan mengetahuinya yang mungkin akan bermnfaat buat anda semua dimana contoh paragraf deduktif adalah sebuah kalimat utama di awal paragraf. Nah untuk informasi terbaru buat anda semua agar lebih mudah diingat, paragraf deduktif adalah paragraf yang mempunyai kalimat utama di awal paragraf. dan berikut ini adalah beberapa contoh paragraf deduktif yang bisa anda pelajari.

contoh paragraf deduktif

2. Contoh paragraf deduktif

Contoh 1

Kecelakaan berbagai jenis peralatan utama sistem persenjataan milik TNI masih sering terjadi. Sepanjang tahun 2010 saja, tercatat sudah 76 anggota TNI tewas dalam berbagai kecelakaan. Korban jiwa tak hanya jatuh dari pihak TNI, namun rakyat sipil pun kadang juga turut menjadi korban. Kondisi seperti ini dikhawatirkan akan semakin menjatuhkan moral prajurit TNI.

Keterangan: Kalimat utama terletak di awal paragraf.

Contoh 2

Demam berdarah dengue masih menjadi ancaman di seluruh belahan dunia. Asia menempati urutan pertama dalam jumlah korban tiap tahun. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh curah hujan yang sangat tinggi terutama di daerah Asia Timur dan Asia Selatan. Jumlah penderitanya setiap tahun selalu mengalami peningkatan dan 95% penderitanya adalah anak-anak di bawah 15 tahun.

Keterangan: Kalimat utama terletak pada awal paragraf.

Contoh 3

Tadi pagi sekitar pukul 06.30 WIB satu jenis pesawat berjenis Hercules jatuh di Purwodadi, Madiun, Jawa Timur. Pesawat tersebut jatuh di area persawahan dan belum ada data resmi mengenai pesawat tersebut. Namun diduga pesawat tersebut adalah milik TNI Angkatan Udara.

Keterangan: Kalimat utama terletak di awal paragraf.

Jadi dari contoh paragraf deduktif diatas, maka kesimpulannya adalah bahwa paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di depan (awal paragraf).

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger