Manusia Purba Meganthropus Paleojavanicus

Bookmark and Share
Pada kesempatan ini admin akan membahas tentang manusia purba meganthropus paleojavanicus dimana Manusia Purba Meganthropus Paleojavanicus yang satu ini adalah salah satu manusia purba yang tertua diindonesia. Nah untuk mengetahui informasi terbaru lebih lengkapnya anda bisa langsung simak tentang manusia purba meganthropus paleojavanicus yang telah tersedia berikut ini.

Manusia Purba Meganthropus Paleojavanicus

Manusia Purba Meganthropus Paleojavanicus
=========================================

Berbagai jenis fosil manusia purba telah ditemukan di Indonesia. Antara lain di Jawa, Sumatra Utara, Aceh, Flores, Sulawesi Selatan Bahkan di Kalimantan Selatan. Namun penemuan fosil manusia banyak terdapat di Pulau Jawa, terutama di sekitar aliran Sungai Bengawan Solo. Jenis-jenis manusia purba yang ditemukan di Indonesia Antara lain Pithecanthropus Erectus, Homo, dan yang akan saya bahas kali ini, yaitu Meganthropus Paleojavanicus.

Meganthropus Paleojavanicus adalah manusia purba yang tertua di Indonesia. Meganthropus Paleojavanicus berasal dari kata-kata berikut ini:

1. Mega yang artinya adalah "besar".
2. Anthropus yang artinya adalah "manusia".
3. Paleo yang artinya adalah "paling tua/tertua".
4. Javanicus yang artinya adalah "Jawa".

Jadi Meganthropus Paleojavanicus artinya adalah "manusia bertubuh besar yang paling tua dari Pulau Jawa". Meganthropus Paleojavanicus diperkirakan hidup pada dua juta tahun yang lalu. Ciri-ciri Meganthropus Paleojavanicus adalah sebagai berikut:

1. Memiliki tulang rahang yang kuat
2. Tidak memiliki dagu
3. Menunjukkan ciri-ciri manusia tetapi lebih mendekati kera.
4. Berbadan besar dan tegap

Fosil Meganthropus Paleojavanicus ditemukan oleh Von Koenigswald pada tahun 1936 di daerah Sangiran, Sragen, Jawa Tengah. Oleh karena temuan-temuan dari fosil Meganthropus ini masih sangat sedikit, maka sukar menempatkan dengan pasti kedudukannya dalam evolusi manusia dan hubungannya dengan Pithecanthropus.

Semoga info tentang Manusia Purba Meganthropus Paleojavanicus diatas bisa bermanfaat buat anda semua...!!!

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar