Mengenal Jenis Makanan secara Umum

Bookmark and Share
Makan adalah salah satu kebutuhan. Tanpa makan kita bisa kelaparan. Makanan secara umum adalah makanan yang mengandung cukup kalori dan zat-zat makanan untuk berbagai golongan menurut umur, jenis kelamin, dan aktivitas. Makanan ini dapat berupa makanan biasa, makanan lunak, makanan saring dan makanan lewat pipa, sebagai berikut:
  • Makanan Biasa
Diberikan kepada pasien yang tidak memerlukan makanan khusus sehubungan dengan penyakitnya. Susunan makanan sama dengan orang sehat, cukup kalori, protein tetapi tidak boleh yang merangsang dan menimbulkan gangguan pencernaan.
  • Makanan Lunak
 Diberikan kepada pasien sesudah operasi tertentu dan pada penyakit infeksi dengan kenaikan suhu badan tidak terlalu tinggi. Dapat diberikan langsung kepada pasien atau merupakan perpindahan dari makanan saring ke makanan biasa.
  • Makanan Saring
Diberikan kepada pasien sesudah operasi tertentu seperti pada infeksi akut, gastroenteritis dam kesukaran menelan. Makanan saring dapat diberikan langsung kepada pasien sebagai peralihan dari makanan cair ke makanan lunak.  
  • Makanan Cair
Diberikan kepada pasien sebelum dan sesudah operasi, dalam keadaan mual, muntah, kesadaran menurun, suhu naik. Makanan ini berupa cairan jernih yang tidak merangsang dan tidak meninggalkan sisa. 
  • Makanan Lewat Pipa
Diberikan kepada pasien yang tidak dapat makan melalui mulut karena kelumpuhan otot menelan, anoreksia nervosa, gangguan jiwa, sesudah operasi mulut atau tenggorokan.




{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger