Solusi Gagal Instal Windows Karena Hang

Bookmark and Share
solusi instal windows hang
Permasalahan pada saat instalasi Windows teoritisnya bisa disebabkan oleh banyak hal, dan untuk mengetahui letak permasalahan yang sesungguhnya kita harus melakukan beberapa proses pengamatan dan pengujian. Memeriksa semua komponen hardware, termasuk perangkat installer yang kita gunakan.

Beragam permasalahan bisa kita jumpai ketika sedang melakukan proses instalasi operating system, seperti file installer tidak bisa di load, komputer restart sendiri, hang, dan lain sebagainya.

Pada kesempatan ini, saya akan mencoba mengupas letak permasalahan penyebab terjadinya hang pada saat kita sedang melakukan proses instalasi operating sytem.

Jika komputer anda masih dalam kondisi bisa logon, maka kecurigaan dibalik terjadinya hang tersebut tentunya terbagi menjadi dua bagian, yakni faktor komponen hardware dan juga software.

Lalu bagaimana jika komputer sudah dalam keadaan lumpuh yang artinya kita sudah tidak lagi bisa logon, sementara proses instalasi OS tidak kunjung berhasil. Dalam kondisi yang demikian, maka kita bisa pastikan bahwa letak permasalahan adalah berada pada komponen hardware, jadi yang perlu dilakukan adalah memeriksa setiap hardware dalam cpu secara seksama. Dimulai dari fisik hardware, konektor, RAM, fan/kipas, dan yang lain-lain. Untuk mendapatkan hasil pengecekan yang sempurna sebenarnya kita harus mempunyai cpu lain agar bisa melakukan pengecekan terhadap komponen hardware pada cpu yang bermasalah tadi.

Setelah anda selesai melakukan pengecekan terhadap semua komponen hardware dengan menggunakan cpu lain namun anda masih gagal melakukan proses instalasi OS karena terjadinya hang tadi, maka dalam hal ini seharusnya anda bisa sedikit lega karena itu artinya komponen-komponen hardware pada cpu anda masih berfungsi normal.

Jika anda sudah melalui semua tahapan diatas, sekarang anda dapatkan jawabannya “kenapa terjadi hang saat dilakukan proses instalasi OS?” jawabannya adalah motherboard anda perlu dibersihkan.

Silahkan bersihkan motherboard anda, anda bisa menggunakan sebuah kuas atau alat pembersih sejenis, bersihkan motheboard dari balut debu. Setelah selesai, silahkan coba kembali proses instalasi Insya’allah berhasil.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger