Tips Mudah Membersihkan Memory RAM Komputer / Laptop anda Tanpa Software

Bookmark and Share
Sobat themaniax, kalo anda menggunakan komputer atau laptop yang hanya memiliki Memory RAM 1GB atau kurang pasti anda akan cukup sering mengalami kinerja komputer yang semakin melambat.

Ini dikarenakan Memory RAM anda dipenuhi oleh  aplikasi yang anda jalankan kendati anda sudah tidak memakainya. Nah untuk mengatasi agar Memory RAM anda tidak penuh, maka anda harus rutin membersihkannya disaat PC anda terasa berat dan berita baiknya anda bisa melakukan itu dengan sedikit fungsi milik Windows / Linux saja lho alias tanpa software.

Anda mungkin sering mendengar aplikasi Memory RAM Cleaner seperti RAM Booster, RAM Cleaner atau yang lainnya. Namun mungkin anda belum tahu jika ternyata aplikasi tersebut memanfaatkan fungsi Windows / Linux yang terbilang cukup sederhana. Bagi yang penasaran, silahkan mencoba Tips Mudah Membersihkan Memory RAM Komputer / Laptop anda Tanpa Software dibawah ini.

Untuk Komputer / Laptop Windows
  1. Silahkan anda buat shortcut pada Desktop anda dengan menekan Klik Kanan Mouse >> New >> Shortcut
  2. Pada kolom shortcut masukkan kode berikut :
    %windir%\system32\rundll32.exe advapi32.dll,ProcessIdleTasks
  3. Klik Next dan kemudian berikan nama seperti Memory Cleaner
  4. Klik Finish
Catatan :
Nah ketika anda mengklik shortcut "Memory Cleaner" yang baru anda buat ini, maka secara otomasis fungsi ini akan membersihkan Memory RAM anda yang sedang dalam posisi idle atau tidak terpakai. Silahkan anda klik shortcut ini jika dirasa komputer / laptop anda terasa lambat  dalam kinerjanya.


Untuk Komputer / Laptop Linux
  1. Silahkan buka Console dan jangan lupa login sebagai Root
  2. Setelah anda berada pada posisi Root, silahkan anda ketik kode berikut :
    # sync && echo 3 | tee /proc/sys/vm/drop_caches
  3. Selesai
Catatan :
Kinerja dari perintah simpel Linux ini juga sama dengan Windows, yaitu hanya membersihkan Memory RAM dari aplikasi yang idle atau tidak terpakai. Jadi jika komputer / laptop anda terasa berat silahkan lakukan saja cara diatas.


Nah itu saja Tips Mudah Membersihkan Memory RAM Komputer / Laptop anda Tanpa Software dari saya, semoga bisa bermanfaat bagi anda :)

Thanx to Sumber :
-) http://technofriends.in/2007/09/17/microsoft-windows-how-to-process-idle-tasks/
-) http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=7638156

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar