Syukron dan Afwan

Bookmark and Share
Berbagi-Kreativitas.blogspot.com - بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Salam! Menanggapi ucapan-ucapan dalam penyampain bahasa arab Syukron dan Afwan. Simple dan sepele mungkin, tapi subhanallah ketika tulus dan mengerti kita mengucapkan Insya Allah akan berbuah manis yaitu Pahala Allah. Sekilas saja Saya ingin sampaikan, sebelum postingan ini Saya posting ada teman yang menanggapi istilah bahasa arab diatas dengan tidak benar karena hanya berdasarkan arti yang sempit saja oleh karena itu Saya ingin mencoba mentransparansikan makna yang sebenarnya.

Apa Itu Syukron? Syukron adalah bahasa arab yang artinya "Terima kasih" ucapan tersebut digunakan oleh orang arab ketika menyampaikan ucapan terima kasih kepada seseorang. Apa Itu Afwan? Afwan adalah balasan dari ucapan Syukron memiliki arti "Maaf" sedikit ganjil mungkin dari jawaban tersebut, namun ketahuilah bahwasannya dibalik balasan itu ada filosofi yang ingin disampaikan khususnya kepada orang mukmin dalam menanggapi ucapan terima kasih yang diterimanya. Apa Itu? Sering kita mendengar ketika ada seseorang mengatakan terima kasih lalu jawaban yang diberikan adalah "Sama-sama" atau "You're welcome" boleh-boleh saja, tapi untuk apa jika ada yang lebih baik dari pada itu tidak lebih kita utamakan yakni Afwan, afwan adalah maaf maksudnya "Maaf, Saya tidak bisa memberi/ menyampaikan lebih dari ini" disitu jelas bahwasannya kita diajarkan agar tetap mawas diri dari perkara yang membatalkan amal yakni ujub (Membanggakan Diri) sebelum akhirnya menjadi takabbur (Sombong).

Semoga dari uraian singkat ini membawa manfaat dan pengetahuan baru bagi Anda yang memang belum tahu. Sepele tapi akan berakibat fatal ketika kita tidak mengetahui dari perkara-perkara yang dilakukan tanpa didasari oleh Ilmu dan pengetahuan khususnya Ilmu Islam sekian dulu dan Salam!

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar