Keluhan Ibu Hamil Yang Umum

Bookmark and Share
Keluhan Ibu Hamil Yang Umum - Keluhan Umum Ibu Hamil Dalam Kehamilan Bagi setiap ibu yang hamil berbagai keluhan seringkali terjadi. Hanya saja tidak setiap ibu hamil memiliki keluhan yang sama. Demikian pula seperti yang dialami istri saya yang sedang mengandung anak yang kedua ini, Insya Allah. Pada kehamilan I, dari trimester pertama sampai terakhir tidak ada keluhan yang cukup berarti bagi istri saya dan alhamdulillah pula pada saat itu merupakan kehamilan pertama istri.

Sedangkan pada kehamilan istri saya yang kedua ini, Insya Allah...Banyak juga keluhan yang juga dialami ibu - ibu hamil pada umumnya. Untuk itulah saya mencoba berbagi mengenai beberapa keluhan yang lazim terjadi pada kehamilan untuk ibu-ibu hamil baik itu bagi hamil perdana atau pun hamil kedua dan seterusnya. Dan semoga apa yang dishare Blog Keperawatan ini akan bisa bermanfat serta dapat berguna bagi sahabat-sahabat semuanya.

Keluhan ibu hamil yang umum terjadi

Bagi setiap ibu yang sedang menjalani kehamilan, memiliki kehamilan sehat adalah merupakan keinginan impian bagi setiap ibu hamil. Dan tidak menginginkan ada sesuatu kelainan apapun bagi dalam proses kehamilan atau pun proses persalinannya nanti. Lantas apa yang dimaksud dengan kehamilan sehat tersebut

Kehamilan sehat tentunya adalah sehat bagi ibu yang sedang mengandung, janin yang dikandungnya juga dalam keadaan yang sehat pula selama dalam kehamilan senantiasa diperiksakan kepada tenaga kesehatan yang berkompeten dibidangnya, pertumbuhan janin sesuai tumbang dalam tiap trimesternya, dan juga kehamilan ini membawakan suasana dan perasaan yang menyenangkan bagi ibu hamil sendiri dan tentunya juga dengan adanya perubahan-perubahan ibu hamil baik dari segi fisik, psikologis ibu hamil sendiri. Demikian kurang lebih pengertian kehamilan sehat

Sekarang kita menginjak ke topik pembicaraannya sekarang ini yaitu mengenai keluhan umum pada ibu hamil dan diantaranya keluhan pada masa kehamilan diantaranya yaitu :
  1. Mual muntah pada trimester pertama. Inilah keluhan yang seringkali dihadapi ibu hamil. Demikian pula yang terjadi pada kehamilan istri anak kedua saya ini. Hanya saja tidak semua wanita hamil merasakan mual dan muntah, biasanya apabila ada wanita hamil yang mengalami mual atau muntah tidak melebihi dari 3 bulan. Tapi tidak jarang juga ada yang mengalami hal tersebut sampai usia kandungan 9 bulan. Demikian pula dengan istri saya sampai kehamilan bulan keempat masih mual muntah walaupun intensitasnya berkurang. Keluhan mual muntah ibu hamil ini bahkan sampai ada yang perlu dirawat di rumah sakit karena muntah yang hebat.
  2. Sakit Pinggang. Keluhan sakit pinggang ibu hamil biasanya akan dirasakan setelah usia kehamilannya bertambah besar. Hal ini berkaitan erat dengan bertambahnya berat badan bayi akan menekan otot perut dan otot punggung. Pada wanita hamil, keluhan ini sering dirasakan dengan otot punggung dan perut yang lemah, sering membungkuk atau pada mereka yang memakai dengan tumit yang tinggi.
  3. Konstipasi saat hamil / sembelit ibu hamil. Disamping karena bayi dalam kandungan yang membesar maka hal ini akan berpengaruh menekan usus besar bagian bawah, wanita hamil kurang aktif, kurang minum atau kurang mengkonsumsi makanan berserat bisa menyebabkan susah buang air besar (BAB).
  4. Terjadinya Bengkak di Kaki dan Pergelangan Kaki. Hal seperti ini sudah biasa terjadi pada wanita hamil, sedikit pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki disebabkan karena penimbunan air. Istirahatlah selama 1 - 2 hari dengan kaki diangkat atau ditinggikan dengan cara diganjal menggunakan bantal atau yang lainnya maka bengkak akan hilang dengan sendirinya. Apabila bengkak tidak kunjung susut atau bahkan semakin berat, segera konsultasikan ke dokter karena dikuatirkan ada gangguan yang lebih serius. Karena itu juga salah satu tanda-tanda dari preeklamsi.
  5. Keputihan pada kehamilan. Berkembang biaknya jamur yang biasanya ada pada alat kelamin wanita akan jauh lebih cepat karena adanya perubahan hormonal pada masa kehamilan. Hal ini akan menyebabkan infeksi pada liang senggama atau vagina sehingga akan menghasilkan cairan putih, gatal dan perasaan panas disekitar liang senggama atau vagina. Dan untuk pengobatannya keputihan ini harus dikonsultasikan dengan medis atau pun dokter kandungan karena memang pemberian obat pada saat kehamilan harus benar-benar berhati-hati karena efeknya bisa kurang baik pada janin bila minum obat sembarangan tanpa rekomendasi dari dokter.
  6. Sesak Nafas. Pada usia kandungan 8 sampai 9 bulan dan mendekati akan proses persalinannya, biasanya ibu hamil akan sesak napas ringan. Hal ini terjadi karena bayi menekan paru-paru sang ibu. Sesak nafas ini akan hilang dengan sendirinya beberapa minggu menjelang kelahiran dimana kepala bayi mulai masuk kedalam rongga panggul. Hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan cara ketika sedang mengerjakan sesuatu, lakukanlah dengan perlahan-lahan dan berbaring dengan menggunakan bantal yang agak tinggi. Apabila sesak napas yang ibu hamil dirasakan semakin mengganggu dan membuat ibu hamil menjadi sulit tidur, segeralah periksakan dan juga konsultasikan ke dokter kandungan tempat kita biasa kontrol kehamilan.
Demikian tadi beberapa keluhan umum dan lazim dialami ibu hamil selama kehamilan. Yang perlu digaris bawahi adalah tidak semua ibu hamil mengalaminya. Karena keluhan ibu hamil pada tiap trimester berbeda. Baik keluhan ibu hamil pada trimester pertama, trimester kedua dan juga trimester ketiga. Kesiapan psikologis ibu hamil sendiri akan sangat berpengaruh terhadap keluhan selama kehamilannya itu.

Keluhan pada trimester 1 seperti halnya mual muntah, pusing, perubahan emosi, sering berkemih. Sedangkan keluhan ibu hamil pada trimester 2 adalah seperti halnya keputihan, kembung, sembelit/konstipasi. Sedangkan keluhan umum pada trimester 3 diantaranya yaitu kaki bengkak, sedikit sesak nafas, nyeri panggul dan lain-lain. Perbedaan keluhan ibu hamil dalam tiap trimester kehamilannya.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar