Cara Mudah Melangsingkan Badan Abis Melahirkan

Bookmark and Share



Setelah melahirkan seorang ibu akan mudah merasa haus dan lapar. Hal ini dikarenakan banyaknya air dan nutrisi yang dikeluarkan dalam bentuk ASI. Jika tidak berhati-hati seseorang akan makan terlalu banyak sehingga tubuh mereka menjadi semakin melar. Beberapa ibu mungkin berpikir untuk tidak menyusui karena alasan ini atau tidak ingin payudaranya kendur. Tentu pandangan seperti ini adalah kesalahan besar. Dengan menyusui tubuh akan mengeluarkan hormon oksitosin yang berfungsi untuk mengecilkan rahim. Sehingga perut ibu menyusui akan semakin kecil. Jadi, yang harus anda lakukan adalah mengatur pola makan bukan menolak menyusui. Berikut ini adalah senam ringan yang bisa anda lakukan untuk melangsingkan badan:

Kegel
Kegel bisa anda lakukan bersama senam nifas atau di waktu lain. Senam kegel berfungsi mengencangkan otot-otot vagina yang mengendur karena proses persalinan. Senam ini juga bisa meningkatkan kepekaan saraf-saraf vagina. Caranya dengan menguncupkan otot-otot di sekitar vagina dan saluran kencing selama beberapa detik, kemudian lepaskan. Lakukan beberapa kali. Untuk pemula mungkin bisa menahannya dalam waktu 30-60 detik.

Lakukan pemanasan
Pemanasan akan mengendurkan otot-otot, sebelum melakukan gerakan inti. Anda bisa memulai pemanasan dengan menggerakkan kepala ke kanan dan ke kiri, atas-bawah, atau gerakan memutar. Lakukan pula gerakan ringan untuk tangan dan kaki anda.

Gerakan Pembentukan perut
Setiap perempuan mengidamkan perut langsing dan kencang. Tapi, sebagai ibu yang baru saja melahirkan tentu perut anda mengendur dan besar. Karena itulah, mengencangkan perut menjadi bagian penting dalam senam ini.

Posisi seperti gambar dibawah ini. Kencangkan otot tangan di depan perut, jari-jari tangan menggenggam. Tarik nafas dari hidung, buang nafas dari mulut. Gerakan ini berfungsi untuk pembentukan perut, lengan serta tangan kanan dan kiri. Ketika melakukan gerakan ini perut harus dalam keadaan berkontraksi. Kunci perut. Lakukan hingga 4 kali gerakan. Lakukan gerakan seperti ini hingga 8×2. Anda juga bisa melakukan sit up secara teratur.

Pembentukan Payudara
Untuk mengencangkan payudara kita harus melakukan 2 hal yaitu memilih bra yang pas serta melakukan senam payudara. Dalam memilih bra, anda harus memperhatikan ukuran payudara dengan mengetahui lingkar dada di bawah payudara dan cup. Jangan sampai salah memilih bra. Bra yang terlalu longgar akan membuat payudara kendur dan menggantung, sedangkan jika terlalu ketat menyebabkan aliran darah tidak lancar, sehingga membuat nyeri pada payudara. Perhatikan pula cara duduk anda. Kebiasaan duduk membungkuk akan membuat payudara menurun. Untuk senam payudara, anda bisa mengikuti gerakan dibawah ini.

Gerakan pertama, tekankan kedua telapak tangan seperti pada gambar. Rapatkan dan tekan kedua telapak tangan dengan jari menghadap atas di depan payudara. Tahan selama 5 detik, ulangi sebanyak 10 kali.

Kedua, tangan anda saling mencengkeram. Cengkeramkan tangan kanan pada lengan kiri dan tangan kiri pada lengan kanan. Lalu tarik cengkeraman tangan kearah yang berlawanan tanpa melepaskannya. Ulangi gerakan 10 kali.

Terakhir adalah gerakan mengunci jari. Tekuk jari-jari dan kaitkan jari-jari dari tangan kanan dan kiri setinggi bahu sehingga saling mengunci. Lalu tarik kuncian jari-jari tersebut kearah berlawanan. Tahan selama 5 detik. Ulangi sebanyak 10 kali.

Pembentukan Otot Panggul dan Paha
Angkat kaki kanan ke samping dengan posisi seperti pada gambar. Letakkan tangan kiri pada lutut kanan dan posisi tangan kiri seperti pada gambar. Kemudian, bawa kaki kanan menekuk ke depan lalu luruskan ke belakang. Lakukan untuk kaki yang lain. Gerakan ini berfungsi penting untuk pembentukan paha, kaki dan,betis. Sedangkan untuk membentuk otot panggul, anda bisa merjalan ngesot di lantai maju dan mundur secara bergantian.

Demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda dalam melangsingkan badan sehabis melahirkan temukan info menarik tentang pelangsing aman untuk ibu menyusui

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar