Belajar Perawatan DVD RW Komputer

Bookmark and Share



Optik DVD RW komputer anda juga butuh perawatan yang baik, bila terkenaa debu atau di masukan kaset divd yang kurang bersih maka akan mempengaruhi sistem pembacanya, berikut ada beberapa tips peraaawaataan DVD RW:

Alat – alat yang dibutuhkan adalah :
-CD lens cleaner
-kain lap bersih

Langkah Pembersihan
Optical drive sangat rawan terkena debu. Dikarenakan dapat menyebabkan lambatnya suatu pembacaan CD / DVD yang dilakukan oleh Optical Drive.

Ada beberapa langkah bagaimana cara untuk merawat Optical Drive adalah sebagai berikut.

LANGKAH 1
Buka CD / DVD room anda, kemudian bersihkan bagian depan & tempat dudukan keping CD dengan menggunakan kain/pembersih lainnya.

LANGKAH 2
Ambil kepingan CD lens cleaner (banyak dijual kok) kemudian teteskan teteskan cairan pembersih pada sikat (busa) halus yang ada dipermukaan CD

LANGKAH 3
Masukan kepingan CD lens cleaner tersebut kedalam CD / DVD room anda, lalu jalankan CD dengan menggunakan multimedia player ( Windows Media Player) yang ada didalam PC anda. Dengan begitu Optical Drive anda sedang dibersihkan berbarengan dengan dibacanya file multimedia yang ada pada CD lens cleaner tersebut.
---------------------------
LANGKAH LANJUT
pastikan dalam mengoperasikannya lagi, CD/DVD yg akan diputar dalam kondisi bagus. jangan sentuh optical drive (optik) dengan benda selain pembersih.

LANGKAH BURN IDEAL
-pastikan burn speed dimana set default ke ukuran (CD=16-24x) (DVD=8-16x) dengan intensitas "istirahat" optical 5-10 menit per burn. sehari jangan dipaksakan jumlah CD/DVD di-burn terus-menerus.
-jika proses burn (video render) lebih baik anda save dulu FILE IMAGE ke image drive (HDD), sehingga sewaktu-waktu tinggal double klik tanpa harus menanti "menulis kembali" hasil render/encode ke CD/DVD.
-pastikan fan pendukung (cooler pad) tersedia, sebab suhu panas mempengaruhi kinerja.

Demikian tipsnya merawat DVD RW komputer anda semoga bermanfaat untuk anda, temukan info menarik tentang harga dvd player portable


Temukan artikel terkait: Cara Perawatan Monitor Komputer

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar